Subscribe:
English Department Student Association
-

Minggu, 24 Maret 2013

Stuba: IKIP PGRI Banyuwangi


Hari Selasa, 19 Maret 2013 EDSA FBS UNY kedatangan tamu yang berasal dari IKIP PGRI Banyuwangi. Mereka datang untuk studi banding terhadap sistem perkuliahan dan mengenai organisasi EDSA sendiri di UNY. Mereka yang datang adalah mahasiswa semester 6 IKIP PGRI Banyuwangi dari kelas A dan B.
Banyak sekali kegiatan yang dilakukan selama sehari itu. Pembukaan dimulai dengan adanya perkenalan mengenai FBS UNY, serta prodi Pendidikan Bahasa Inggris tentunya, dan juga perkenalan dari IKIP PGRI Banyuwangi. Mereka kemudian digiring untuk masuk pada inti acara serta sesi tanya jawab.
Inti acara tersebut adalah seminar mengenai menjadi MC dan bagaimana menyampaikan pidato dengan baik. Semua hal yang tidak kita ketahui sebelumnya mengenai dasar-dasar menjadi MC ataupun pidato disampaikan dengan baik oleh Mrs. Nury Supriyanti, M.A. Selain itu, kita diajak untuk lebih teliti lagi mengenai perbedaan antara menjadi MC dalam lingkup bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia. Untuk mempermudah kami memahami hal ini, Mrs. Nury Supriyanti menjabarkannya dalam bentuk tabel sehingga kami lebih mudah paham dan menghapalkan dengan baik. Selain itu agar kami tidak bosan, beliau mengajak kami berlartih pronounciation melalui lagu ‘Jamaica Farewell’ yang dinyanyikan bersama-sama.
“Believe that you can be a good MC,” adalah kata-kata Mrs. Nury yang memotivasi kami untuk berani mencoba dan menjadi dasar pedoman agar kami tidak takut.
Namun sia-sia saja bukan apabila kata-kata itu hanya kita simpan dan tidak kita praktikan? Karena itulah teman-teman dari IKIP PGRI Banyuwangi membagi diri dalam 7 kelompok dari kelompok 7-13 untuk mengajukan perwakilan menjadi MC, memberi pidato dan juga bersama-sama menyanyikan lagu ‘Jamaica Farewell’. Kelompok-kelompok itu dipandu oleh beberapa dosen Pendidikan Bahasa Inggris.
Pada akhirnya semua kelompok dapat menampilkan dengan baik. Masing-masing mereka dapat menunjukkan semuanya dengan cara mereka sendiri-sendiri. Namun tetap saja juri harus memilih yang mana yang terbaik. Juara 1 diraih oleh group 9, juara 2 diraih group 13 dan juara 3 diraih group 11.
Sebelum acara ditutup masing-masing Universitas memberikan display mengenai organisasi di jurusan masing-masing dan dilanjutkan dengan tanya jawab. IKIP PGRI Banyuwangi menunjukkan minat yang besar dengan bertanya mengenai banyak hal.
Teman-teman dari IKIP PGRI Banyuwangi pun memberi pesan kesan pada kita :
-          “Ini kegiatan yang menarik. Kita bisa mengerti tentang UNY. Kegiatan ini bagus untuk diadakan. Saran sih nggak ada. Sudah bermanfaatlah. Cukup baik.” – Riska
-          “Kegiatan ini menarik. Mengajari untuk lebih percaya diri dalam tampil di depan umum, biar nggak nervous. Belajarnya juga dari kegiatan yang pasti pernah dilakukan yaitu MC dan speech yang baik itu gimana. Ini efektif banget. Apalagi aku orangnya kaku kalau bicara di depan umum. Yah, intinya belajar berkomunikasi dengan orang lain secara baik sih. Kalau untuk saran tolong dong acaranya di lebih detailin ada acara sama anak-anak UNY juga jadi kan bisa kenal satu dengan lain.” – Desi Ratnasari.
Bagaimana kesan teman-teman?



Bethsaida Chandra

0 komentar:

Poskan Komentar